(LAGI) Bazar Buku Gramedia


Tadi pas naek angkot pulang, saya baca spanduk yang dipajang depan Gramedia Bandar Lampung. Bakal ada bazar buku murah tanggal 23-29 September. Ditulisin sih item-itemnya tadi apa aja. Tapi abang angkotnya malah terabas aja, nggak nyadar kalo ada penumpangnya yang mupeng-mupeng baca spanduk dari dalam angkot. Huft

Wew, jelas saya excited banget lah. Udah 2 bulan semenjak ramadhan kemaren saya nggak nginjekin kaki ke gramed. Saya tuh suka aja maen ke gramed. Apa ya, gramedia Bandar Lampung lah yang pertama kali mengajarkan saya asyiknya sensasi baca buku. Yang nyenengin hati saya buat seneng ama sekolah. Jadi, pas saya masih SD tuh, saya diajak nyokap ke gramed. Dulu masih sepiiii banget. Minat orang buat masuk ke gramed nggak seheboh sekarang. Mungkin karena dulu gramedia tuh kesannya eksklusif, cuma buat kalangan elit, dan semacamnya lah. Yang jelas, dulu jaman saya masih SD, orang lebih pilih ke Artomoro (Mall-nya Lampung saat itu) dibanding ke gramed.

Tapi, nggak buat saya. Saya suka banget suasananya gramedia. Gramedia bandar lampung tuh dua lantai. Kalo kita masuk, langsung ketemu pernak pernik sekolahan (ATK) yang cute banget. Karena letaknya pas sebelah tempat penitipan barang. Makanya, saya SD jadi seneng banget sama yang namanya sekolah. Soalnya, di gramedia, pajangannya tuh hal-hal berbau sekolah yang lucu-lucu, manis-manis, pokoknya nyenengin mata dan hati. Jalan deh nyusurin pernak-pernik sekolahan yang lucu-lucu itu sampe dapet tangga naek lantai dua. Naek tangga, langsung nyebur ke hamparan rak-rak buku. Saya SD suka banget suasana gramedia. Rasanya, semua buku ada disana. Apa aja. Buku Barbie, Majalah Bobo, Buku pelajaran Erlangga, buku orang tua, sampe komik, semua ada. Dan jaman saya SD, selalu ada satu buku di setiap item yang nggak diplastikin. Jadi, kita bebas buat baca.

Saya SMP, paling bisa ke gramed 3 kali sepekannya: Jum'at sepulang sekolah bareng temen-temen, Ahad bareng nyokap dan sista', serta satu hari yang saya pilih secara acak buat pergi sendirian. Saya, paling bisa berdiri dari jam 1 siang sampe jam 4 sore buat baca buku di gramedia. Trus, shalat ashar dimushala gramed, lanjutin baca lagi sampe jam 5. Trus pulang deh. Nggak beli apa-apa? Iya! Hihii

Baca buku apa? Dulu, saya paling suka baca buku dongeng tentang princess (cinderella, dkk), cerita anak-anak lainnya, majalah donal bebek, majalah bobo, dan nyari jawaban PR di buku-buku terbitan Erlangga. Haahaa.
Kenapa nggak beli? Saya dari kecil emang udah punya sifat irit (baca: pelit). Prinsip saya: Buat apa duit dibuang-buang kalo esensinya kita dapet? Mending duitnya saya pake beli makanan. Ahahahaha.. saya kecil emang suka banget makan (sampe sekarang malah) :D
Iya, saya punya prinsip kayak gitu. Ngapain saya beli bukunya, kalo saya udah bisa ngedapetin isinya dengan membaca gratis? Esensi buku apa, isinya kan? Dan, saya udah kenyang baca di gramedia, tanpa keluar modal, cukup modal kaki kuat berdiri berjam-jam. Trus, pernak-pernik sekolahan yang lucu dan manis itu, saya bahagia dengan ngelihatnya aja. Soalnya saya mikir, kalo pulpen, pensil, buku, yang cute kayak gitu, saya malah sayang buat make. Emang cantikan dipajang aja, dipandangin. Kalo dicoret-coret trus abis, jadi nelangsa rasanya. Trus, kenapa nggak dibeli buat dikoleksi? Hm, saya bukan tipikal orang yang suka koleksi sesuatu. Nggak telitian, nggak telaten ngerawat. Biarin mbak-mbak di gramed aja yang ngerawatin barang-barang itu, saya bahagia ngeliat barang-barang lucu itu bertengger ditempatnya. Yang saya perlu lakukan hanya meninjau koleksi (ngakunya doang) punyaku tersebut tiga kali seminggu. Tapi asli, kalo saya mulai males sekolah, saya hanya perlu menyambangi gramedia, membaur ditengah pernak-pernik sekolah yang lucu itu, pegang-pegang sambil histeris sendiri karen saking lucunya, dan tararaaa besok saya udah semangat lagi buat sekolah :)

Dengan semua kenangan baik gramed itulah yang membuat saya excited dengan ajakan gramed buat dateng kesana. Yakin bakalan beli padahal dompetmu aja isinya lembaran pattimura semua? Haahaa, nggak tau lah. Saya mau dateng-dateng aja dulu. Kangen gramed sih :)

1 komentar:

  1. MENDADAK teringat sama tumpukan buku belum terbaca
    setiap ke gramedia kalap tapi gak punya waktu :((

    BalasHapus

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)