Kaya atau Miskin?!

Segala hal yang kita lakuin di dunia ini adalah pilihan kita. Telepas dari takdir yang Allah tetapkan atas diri kita yang selalu jadi rahasia, semua hal yang kita lakuin, adalah sebuah pilihan yang kita ambil. Pun demikian dengan sikap foya-foya...

Hedon itu, adalah sebuah pilihan. Hidup sederhana juga. Bukan, bukan karena tertakdir seseorang bisa hidup hedon. I mean, itu sebuah pilihan secara sadar. Mungkin aja seseorang itu kaya raya, tapi ia memilih gaya hidup yang biasa aja. Kalo ingin belanja ia belanja. Kalo saat gak butuh apa-apa, ya biarin aja uangnya ngendap di dompet.

Yang paling parah, orang yang sebenarnya miskin papa tapi mau kelihatan tetep gaya. Tiap hang out sama temen, makan harus di cafe atau tempat makan berbau luar negeri. Jadinya, pusing sendiri kalo pas kebutuhan harus dicukupi sementara duit udah gak ada.

Jadi miskin atau kaya, itu sebuah pilihan. Ada seorang kenalan saya, di rekeningnya ada puluhan juta. Tapi sayang, mentalnya miskin bingit. Senengnya sama barang gratisan, pemberian orang. Padahal, dia sangat mampu beli sendiri, atau bahkan membelikan orang lain. Even, pernah ada kejadian yang sangat "gak kaya" banget. Uang sejuta jatah dia ke-pending sebulan aja, paniknya gak ketulungan. Gak rela sampe jadi bahan pembicaraan terus-terusan. Sampe ngakak saya ngeliatnya. Miris..

Ada juga temen saya yang lainnya, sebulan pemasukannya gak nyampe sejuta. Tabungan pun dia gak punya. Padahal, dia harus ngurus semua kebutuhan hidupnya sendiri. Hidupnya serba ngepas, bahkan sering kekurangan. Bisa dibilang, dia miskin yah?! Tapi, gak pernah ada yang tau kalo kondisi dia kek gitu (kecuali Tuhan dan saya). Setiap orang yang kenal dia, selalu bilang kalo dia banyak duitnya. Setiap orang, melihat dia sebagai orang kaya...

Well, kaya atau miskin gak selamanya ternilai dari seberapa banyak duit yang kita pegang. Pilihan untuk hidup kaya dengan kondisi miskin tapi gak foya-foya mungkin lebih baik dari memiliki banyak harta, tapi sangat khawatir dengan kekurangan dan segala tetek bengek yang mendekatkan pada kemiskinan.

Yah, bagaimana kita menjalani hidup ini, semua itu adalah pilihan...

1 komentar:

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)