Menutup Aib Diri Sendiri


Perbedaan manusia diatas malaikat adalah ia diberikan akal untuk membedakan yang benar dan yang salah, pun ia diberikan hawa nafsu yang terus menerus menggoda dan harus dikendalikan...
Tau tidak, itu tak mudah.
Karenanya, Allah menjanjikan syurga yang abadi.
Adakah hal yang baik lagi berharga diobral murah?
Butuh usaha keras untuk mendapatkannya.
Asal tahu saja, besarnya pahala itu sebanding dengan besar usaha yang kita lakukan.
Semakin sulit ujian kita, semakin banyak pahala menanti kita. Asalkan kita berjuang untuk tetap berjalan dengan benar.

Itu catatan kecil yang semoga bisa menguatkan saya pribadi. Entahlah, saya juga masih belajar. 

Well, kemarin saya ikut pengajian. Ada yang saya bold dan capslock dari pemaparan ustadz lalu. Untuk saya ingat agar saya tak lagi jatuh pada kesalahan itu:

KALAU KITA PERNAH MELAKUKAN KESALAHAN/DOSA BAIK KECIL MAUPUN BESAR, YANG TIDAK ADA SEORANGPUN YANG TAHU, SIMPAN SAJA SENDIRI. KALAU ALLAH MENUTUP AIB KITA DIHADAPAN MANUSIA, YA KITA JANGAN NGUMBAR KESANA-KESINI. KALAU KITA MENYESAL, MOHON AMPUN SAMA ALLAH. SEMOGA ALLAH MENGAMPUNI DAN MENGHAPUS KESALAHAN KITA. SETIDAK-TIDAKNYA ALLAH AKAN MENUTUPI AIB KITA SELAMANYA. ADAPUN MENCERITAKAN KESALAHAN/DOSA YANG PADAHAL ALLAH TELAH MENUTUPINYA DARI HADAPAN MANUSIA, APALAGI DENGAN BERBANGGA DIRI MEMBUAT ALLAH TAK MAU MENGAMPUNI DOSA KITA.

SEBUAH KISAH, KETIKA SAHABAT NABI MENDEKATI NABI INGIN MENGADUKAN DOSA YANG TELAH IA PERBUAT, NABI BERPALING DARINYA AGAR IA TAK PERLU MENCERITAKANNYA TAPI LANGSUNG MEMOHON AMPUN SAJA PADA ALLAH. KARENA, TAK ADA YANG TAHU DOSA TERSEBUT KECUALI SI PELAKU.

Subhanallah... pada Nabi saja kita tak perlu bercerita tentang dosa yang hanya kita sendiri yang tahu. Lalu, buat apa kita menceritakannya pada dunia? Astaghfirullah...

Rabbighfirlii watub 'alaiyya innaka anta (at)tawwabu (ar)rahiim....
Ya Rabbi, ampunilah saya dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

2 komentar:

  1. Masyaallah.. Jazakillah khairan haps.. :)

    BalasHapus
  2. Masya Allah..
    mudah2n brmanfaat dn mnjadi amal jariyah kak..:)

    BalasHapus

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)