Silaturahim (A Version)

My family, is a real big family. Nyokap sepuluh bersaudara. Bokap lima bersaudara. Kakek saya, seolah memiliki keluarga dan kerabat se-seantero jawa tengah. Sedang nenek saya, seakan memiliki hubungan kekeluargaan dengan seluruh jawa timur. (ehehehe, sepertinya saya lebay bingit dalam hal ini. Huehuehuehuehue)

Tapi sebuah kenyataan kalo kakek memiliki keluarga yang tersebar di Jawa Tengah. Dan nenek saya asli darah jawa timur. Dan, para orang tua itu membawa keluarga mereka masing-masing menyebar kemana-mana. Ke seluruh daerah di Indonesia. Dan, satu prinsip yang senantiasa diturunkan kepada kami para anak cucu, darah lebih kental dari air. Sebuah kenyataan yang gak mungkin bisa disangkal. So, bagaimanapun, keluarga adalah harta pertama yang harus dijaga.

Dari prinsip itulah maka, meski jarak bermil-mil pun, biaya berjuta-juta pun, semua akan ditempuh, gak akan menghalangi dari kebiasaan rutin kunjungan silaturahim keluarga. Karena, jarak, biaya, semua itu gak lebih berharga dari bertemu wajah dengan orang-orang tua kita. Menjabat tangan erat keluarga-keluarga kita. Makan bersama, bercerita ini itu, dan saling mendoakan kebaikan bersama.

Nyokap, concern bener dengan konsep silaturahim ini. Beliau terus menjaga agar kebiasaan ini tetap dan terus dijalankan. Beliau biasa mengajak kami, sekeluarga untuk rutin berpergian ke tempat saudara-saudara. Ke Purwodadi, Salatiga, Pare, Kediri, Pringsewu, Makassar, Ambarawa, Banjarmasin, Banyumas, Mranggen, Demak, Kudus, Jakarta. Dan beberapa daerah yang saya belum sempat datangi. Kata nyokap: "Silaturahim itu gak akan membuat kita miskin, de. Bahkan, silaturahim itu memanjangkan umur, mempermudah rizki." Well, Rasulullah pun emang menjaminkan hal itu kan?! :-)

Yah, semoga saya bisa seperti nyokap saya. Menjalankan silaturahim tanpa mikir tentang segala kendala yang insyaAllah bisa teratasi.. Silaturahim itu, banyak manfaatnya. Yakin deh.

8 komentar:

  1. Masya Allah :) benar, bahkan dengan menjalin silaturahmi bisa menurunkan Rahmat Allah pada kita ^^

    BalasHapus
  2. nyokapmu itu jenius. silahturahmi itu membuka pintu rejeki. soalnya dg tahu kondisi sekitar, kita bisa membantu sesama, atau malah dibantu sesama. :)

    BalasHapus
  3. bukankah kebersamaan itu indah...

    kalo udh ngumpul pasti terasa keindahannya..
    :)

    BalasHapus
  4. deh,,,banyak sekali keluarganya./..

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Di kalimantan ada kok keluarga di daerah Banjarmasin sama Palangkaraya. Cuma, saya belum pernah kesana. Di Papua juga ada. Daerah Serui. Tapi ya itu, saya belum pernah diajak kesana. :-)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ayo rys, kita jodohkan anak2 kita kelak, agar kita jadi keluarga *meracau :-D

      Hapus

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)