Ramadhan 1434 H

Ramadhan Suka-Suka

Subhanallah, saya mampu melewati 10 hari pertama ramadhan. Dan di dua pertiga ini, saya telah menjerit di pagi-pagi buta. Tapi yah, mau bagaimana lagi? Itu takdir Allah yang nggak bisa dielakkan. Saya, perempuan :)

Alhamdulillah, saya sudah melewati satu kali putaran. Sempet menghadapi rasa malas, sempet juga ngeyel-ngeyelan karena mau menangin diri sendiri. Whatsoever, ramadhan tahun ini, saya sangat suka ♥

Pertama , meski ada perbedaan waktu awal ramadhan, tapi ramadhan kali ini keluargaku sewarna semua. Puasa pertama kami hari Rabu, 10 Juli 2013. Padahal, saya udah deg-degan banget. Males gontok-gontokan sama nyokap dan aunty kalo mereka ngotot ngikut puasa hari selasa. Soalnya, pengalaman-pengalaman sebelumnya gitu. Nyokap sama aunty selalu ngikut yang puasa duluan. Sementara saya, ngikut pemerintah. Dan, nyokap susah mentolerir perbedaan terkait waktu puasa ini. Yang lalu-lalu sih saya bisa ngehindar karena saya ngekost. Nah kalo udah serumah, nggak mungkin buat saya bisa ngebedain diri tanpa gontok-gontokan dulu. Tapi, subhanallah! Nyokap sama aunty ngikut hari Rabu. Alasan mereka, "Kan emang hilal nggak terlihat. Masa' kita mau puasa?!" Hihihi, ramadhan ini suka deh ♥

Kedua , ramadhan tahun ini alhamdulillah saya ngerasain tarawih berjamaah bareng ladies di rumah. Tahun kemaren, saya masih shalat sendiri. Mereka diajakin jama'ahan nggak mau. Alasannya, ritme kami berbeda. Nyokap shalat tarawihnya sistem cicilan: Empat setelah isya, empat sebelum tidur, dan tiga sebelum sahur. Kalau sista' tarawihnya nunggu anaknya dua itu tidur dulu. Kalau aunty ritmenya kapan dia mood: bisa setelah isya, bisa sebelum tidur, atau tengah malam sebelum sahur. Dan saya sendiri lebih suka di awal waktu. Keburu ngantuk, keburu malesnya dateng. But well yeah, ramadhan kali ini, tetiba aunty inisiatif ngajak tarawih berjama'ah biar lebih semangat. Jadi deh ruang tengah sebagai mushala dadakan :)

Ketiga , ramadhan tahun ini cuacanya dingin sejuk basah banget. Udah lama banget saya nggak ngedapetin ramadhan hujan. Bertahun-tahun, ramadhan selalu panas. Tapi, kali ini siangnya sejuk. Malamnya brrr. Hari pertama puasa, hujan turun dengan sangat deras. Berasa ramadhan tahun ini istimewa gimana gitu. Ibadah siang jadi semangat. Puasa jadi nggak terlalu berasa. Lemes, nggak tuh.... :)

Keempat , pewarnaan itu udah berasa di ramadhan tahun ini. Saya mewarnai dan diwarnai. Dalam hal makanan, alhamdulillah keluarga udah nggak semewah tahun kemaren. Menu berbuka pun tergolong biasa dan wajar. Hanya kurma, snack ringan, dan nasi plus lauk pauk. Sahur pun hanya nasi dan lauk pauk, plus teh hangat (kalau sempat). Jadi, nggak lebay kayak tahun kemaren. Dan saya, sudah terwarnai pulak. Kalo tahun kemaren masih kebawa suasana anak kost yang akrab dengan keterbatasan: sebatas kurma dan nasi bungkus saja, tahun ini saya membiasakan diri menyantap snack ringan bareng keluarga. Yah, it feels homey

Kelima , saya mendapat banyak hal yang membuat saya seperti ter-recharge. Saya bisa kumpul dengan cewek-cewek imut sholihah macem prima, nuari, auliya, vivin, rahma, dan desy. Dari mereka saya belajar untuk tetap berupaya istiqomah. Saya juga dapet keringanan ngajar selama ramadhan. Cuma 2× sehari dan dapet kortingan durasi jamnya pulak. Saya juga dapet saingan buat lomba tadarusan. Siapa yang paling bisa better di ramadhan ini. Saya juga udah nyiapin pray list  buat dilantunin sepanjang bulan ini. Dan, masih banyak kejutan-kejutan lainnya yang bikin ramadhan ini berasa sangat suka :)

Pokoknya, ramadhan tahun ini saya sukkkkkkkkaaaaaa ♥

3 komentar:

  1. wew kok udah balik? kau kehilangan banyak banyak seri, dari mantenannya andra sampe bulan madunya. ahak ahak ahak

    BalasHapus
  2. subhanallah.. semoga dimudahkan ramadhannya hingga akhir ya haps.. #ikutsenang :)

    BalasHapus
  3. aslinya malah kemaren udah ending tapi diperpanjang boook makanya angkanya balik 1 lagi hihihi

    BalasHapus

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)