Marhaban ya Ramadhan


Hei, ramadhan udah mendekat. Apa yang udah kamu siapin, haps? #jlebb mental banget saya sama pertanyaan itu.

Fisik udah siap?
Yah, siap nggak siap harus siap lah. Puasa kan emang kewajiban. Tetap berharap nggak punya hutang sih. Aktivitas keseharian tetep jalan? Ini dia yang bikin ogah-ogahan. Ramadhan bulan bazar pahala, tapi mesti tetep berkutat sama aktivitas dunia. Yah......

Berdiri sejaman buat shalat tarawih, bisa tahan?
Hm, insyaAllah diusahain. Tarawih kan cuma ada sekali dalam setahun. Jadi, rugi banget sih kalo sampe nggak tarawihan. Jamaahan? Nah ini dia ni problemanya. Tahun ini saya ramadhan di rumah. Which is, mushalla di lingkungan sini kalo shalat tarawih cepetnya na'udzubillah. Jadi kecapean karena ngikutin imamnya saking flash phantom banget. Masjidnya, jauhhhhh... jalanan gelep, nggak nyaman banget buat cewek kece keluar sendirian :uhuk
Jadi yah......

Bangun tengah malam buat sahur?
Alhamdulillah sahurnya bareng keluarga. Seenggaknya, bahu membahu dalam pengelolaan waktu dan saling mengingatkan untuk tetap sahur dengan khusyuk, bukan justru berlebih-lebihan terkait makanan. Dan juga, jadi ngebangun lagi semangat buat qiyamul lail :)

Tadarusan?
Iya nih, tetep mentarget buat bisa khatam minimal 2kali selama ramadhan ini. Tapi, here's something wrong with my eyes. Sekitar 3 bulan ini saya selalu merasa pandangan mata saya sering mengabur. Saya jadi bener2 nggak bisa melihat meski jaraknya hanya 15cm dari mataku. Bukan, bukan nggak melihat seperti saya mendapati sekitar gelap pekat. Bukan. Tapi, semacam gambar berwarna kabur yang bergelombang dan saya nggak bisa mengidentifikasi gambar apa dihadapanku itu. Periksa mata? Malas ah. Saya cuma berharap mata saya sembuh dengan sendirinya. Mudah-mudahan aja ramadhan memberi keajaiban bagi mata saya :D

Sedekah tetap berkesinambungan?
InsyaAllah! Semoga rizki saya selalu dilancarkan dan tangan saya nggak dibelenggu. Udah ada rencana buat ngalirin dana? InsyaAllah TPQ di rumah bikin event selama ramadhan. InsyaAllah bermanfaat :)

Ada persiapan yang lain?
Iya, insyaAllah tetep berazzam untuk nggak nyentuh internet selama ramadhan, kecuali pada masa cuti ramadhan :)
Dan juga, berkompromi dengan nafsu untuk merasa cukup dengan  kurma, nasi+lauk pauk sebagai hidangan berbuka puasa. Atau menggantinya dengan kurma+ kolak/esbuah, dsb tanpa menyentuh nasi sebagai hidangan berbuka. Itu agar perut nggak terlalu penuh dan lupa pada esensi puasa di siangnya.
Berbakti kepada keluarga lebih intensif lagi. Menahan mulut agar nggak membantah. Berusaha menjaga sikap meski kontra terhadap pemikiran mereka. Siapin kunci invisible buat mulut selama kumpul keluarga besar.
Nggak berniat ngisi pulsa. Nggak mau sibuk dengan sms atau tlp selama ramadhan. Kecuali untuk hal yang penting dan mendesak.
Plus, nyiapin do'a-do'a yang akan dilantunkan sepanjang ramadhan.

Ramadhan.... jadikan saya salah satu orang yang lulus dengan predikat taqwa ya :)

3 komentar:

  1. iya amin semoga ramdhan kita dilancarkan yah... aku mens, ga dapat kepala huwaaa #mewek

    hihi sudah mulai bisa ketebak yah yah yah... sudah mulai keluar clue-nya :3

    BalasHapus
  2. juli yang semangat...tiap hari ada postingan..

    semangat terus..teruuuuusss

    :)

    BalasHapus

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)