I (SHOULD) LOVE INDONESIA (MORE)


Barusan sejam yang lalu, zulfa dan sofiya masuk ke kamar saya. Setelah sejam sebelumnya mereka habis ngerecokin Dimas dan Vini di rumah mereka (di belakang kamar saya). Malam ini mereka bebas ngeluyur kesana kesini nggak belajar karena besok Zulfa libur selama sepekan. Ada ujian anak kelas 6 katanya. Si Sofiya sih masih PAUD, jadi kerjaannya cuma ngikutin kakaknya aja.

Di kamar saya, mereka mulai nanya ini itu. Mulai dari gambar jalan setapak yang saya gambar di dinding kamar memakai kapur bagus. 'Iya sayang, itu karena kemarin kamar amah (red: tante) penuh semut.' Jawab saya sejujur-jujurnya.

'Harus ya mah bagus gitu gambarnya?' Kalo nggak ngeliat si penanya adalah sofiya yang notabene berumur 5 tahun, kesannya pertanyaan itu nyinyir banget ya?! Ahaha

Dengan santai saya jawabin, 'Iya dong, pasti kita maunya yang bagus-bagus.'
However gambarnya gak bagus2 amat :)

Dan pertanyaan nggak berhenti sampai disitu. Mereka mulai melirik mading sederhana yang tergantung di atas gambar jalan setapak tadi. Di mading itu, tertera beberapa kosakata B.Arab yang saya tulis untuk saya hapalkan. Lalu, kami main tebak kata dalam B.Arab. Fine, bikin mereka pinter juga lah...

Udah bosen dengan itu, mereka beralih ke peta dunia yang saya pajang di dinding arah barat. Mereka nanya ini itu ke saya. Well then, saya nerangin ini itu ke mereka. Yang mudah2 saja. Mulai dari gambar mata angin: T untuk Timur, B untuk Barat, U untuk Utara, dan S untuk Selatan. Lalu ke pengetahuan tentang lokasi seperti kitaa tinggal di negara bernama Indonesia. Indonesia punya pulau-pulau besar namanya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian. Dan kita (kami bertiga) tinggal di pulau Sumatera. Pulau paling barat di Indonesia. Di Pulau sumatera kami  berada di propinsi Lampung, yang letaknya paling ujung (bawah) sumatera.

Lalu, mata sofiya tertumbuk ke Australia dan mulai nunjuk2 trus nanya2 Australia itu apa. Then saya menerangkan peta dunia secara keseluruhan, tetep yang mudah2 aja buat mereka berdua: tentang benua Asia benua terbesar di dunia, ada afrika, ada Eropa, ada Australia, dan terakhir Amerika. Dan Indonesia ini terletak di benua Asia.
peta dunia di kamar saya :)

Dan, setelahnya saya baru sadar setelah mereview peta dunia ke Zulfa dan Sofiya. Betapa unik Indonesia di peta dunia. Hal ini ketika Zulfa menunjuk ke RRC, lalu saya bandingkan dengan Indonesia. Lalu, saya melihat peta dunia secara keseluruhan. Betapa uniknya Indonesia. Seenggaknya begitulah yang tampak di peta. Ketika hampir keseluruhan negara-negara yang ada berbentuk daratan yang menyambung-nyambung, sementara Indonesia berbentuk pulau2 besar yang terpisah2. Pun ketika saya bandingkan dengan negara2 Pasifik Barat Daya (di peta biasa disebut Oceania), Indonesia tetap tampak keren tak terkalahkan. Secara, di peta negara2 PBD (oceania) justru tampak seperti (hanya) titik2 gaje.

titik2 gaje oceania :)

Dari review (dadakan) malam ini yang (oleh) karena kunjungan Zulfa dan Sofiya, saya semakin menyadari bahwa I (should) love Indonesia (more).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)