TOEFL, S2, dan Jodoh #2

(sambungan)

Saya meninggalkan Pak Gandhi yang sudah kembali sibuk di mejanya. Saya menutup pintu ruangan. Menatap kembali kertas di tangan kiri, lalu berdecak. Kurang 7 angka. Ck.

493. Angka itu menari-nari di kepala saya. Dari awal memang saya telah menakar kalau skor TOEFL saya nggak akan memenuhi target. Mengingat minimnya persiapan saya. Jum'at mendaftar, senin test-nya. Sabtu dan ahad di rumah sibuk pengajian dua hari full. Mana sempet belajar ini itu. Buka soal TOEFL mana ada waktu. Selama ini saya terlalu malas menatap ratusan soal yang nggak masuk akal itu. Tapi, mengetahui kurang 7 angka saja itu, rasanya benar-benar merasa diri ini bodoh sekali. Saya merutuki diri sendiri.

Dalam perjalanan pulang, saya mengirim sebuah sms ke seorang teman. Yah, itung-itung curhat colongan.

Rys, td sy br ngambil skor toefl resmiku. Skorku 493. Kurang 7 dari 500. Gak memenuhi target. Terbuanglah uang ratusan ribuku. Huhu TT
anw, sy kget tnyata report skor toefl tuh cm kertas kecil seperempatnya krts HVS. Smpe2 ptugasnya td blg, 'psti ngiranya bkal dpt sertifikat bgus ya?' Saya nyengir. Ahahaha

Nggak sampe 5 menit, notifikasi balasan berbunyi. Dari rysmah.

Wahaha.. Emang ukurannya cuman segitu haps :D pasti krn image sertifikat, slalu dpkirnya seukuran krtas HVS :D hoho.. Btw, bgus kok skormu. Sy aja kmaren gak smpe sgitu :'( #hiks.. Kl cuman pengen daftar apa2 di indo mah nilai sgitu ckup kok. Ya, kcuali km pengen kmana2... :D hooho..

Saya senyum-senyum sendiri membaca balasan sms dari Rysmah. Nggak kerasa, yang awalnya mau curcol #eh malah jadi curhat berkepanjangan. Menceritakan kebodohanku dengan mengabaikan soal Reading hanya karena saya malas lihat paragraf2 yang panjang bikin sakit mata. Lalu membandingkan harga ratusan ribu untuk sebuah report kecil menjengkelkan itu _dan saya agak bersyukur karena ternyata yg saya bayar lebih murah dibanding Rysmah. Dan menjelaskan mengapa saya memilih mendaftar di UI, bukan Harvard atau Oxford. Oke, yang terakhir ini saya agak melebih-lebihkan sedikit. Saya nggak pernah menyinggung2 Harvard atau Oxford pada Rysmah karena saya memang nggak berniat masuk kesana. Tapi, saya memang menjelaskan padanya alasan memilih UI.

Jakarta - Lampung itu sangat dekat. Setidaknya semua orang Lampung tahu, dan menganggap begitu. Karena pertimbangan itulah saya memilih UI saja. Bukan UGM atau pun Aussy. Karena bokap selalu merajai Jakarta, saya mungkin bisa pulang bareng beliau sepekan atau minimal dua pekan sekali. Dengan itu saya berharap nyokap luluh dan mengijinkan saya kuliah lagi. Tapi, ternyata skor TOEFL saya nggak memenuhi target.

Sampai di rumah, saya langsung mengadu pada nyokap.
"Mom, skor TOEFL ade nggak nyampe 500. Cuma 493 doang. Ade nggak bisa lanjut daftar beasiswa."

"Ya udah, lampirin aja. Keterima syukur, kalo nggak jadi s2 ya insyaAllah kamu nikah aja." Masih sambil memotong2 sayuran nyokap menanggapi aduan saya tadi.

Seketika saya melongo. Nikah? Nyokap ngebahas tentang nikah lagi? Saya cuma mengaminkan dalam hati. Nggak berani melontarkannya kuat-kuat. Khawatir nyokap salah tanggap, lalu antusiasmenya buat ngejodoh-jodohin saya dengan anak dari teman dan kenalannya membara lagi. Cukup sudah.

Mataku melirik lagi report skor TOEFL di tangan kiriku. Nggak tahan, saya melanjutkan, "Ish, kertas sekecil ini harganya 350 ribu, mom. Menjengkelkan banget, deh." Sebuah usaha nggak mutu buat mengalihkan pembicaraan.

3 komentar:

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)