(Another) Visit Jakarta


Subhanallah.... kemaren saya cuma di Jakarta 3 hari. Untuk ukuran saya, itu singkat banget. Berangkat dari rumah malam jum'at, balik dari Jakarta ahad siang. Wew, bener-bener niat idul Adha nggak terlewat dan saya bisa puas makan daging bareng ma famz :D

Ngapain saya ke Jakarta? Saya mesti verifikasi berkas hari sabtu dan ikut tes hari ahad. Yep, di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Meski kemaren saya bilang saya nggak niat, saya cuma maen2, tapi saya jalani apa yang udah saya mulai. Tapi saya nggak really effort to get it. Saya nggak bawa apapun buat belajar. Dan saya mengisolir diri dari internet sehingga nggak browsing buat belajar. Intinya, saya mau nyanteee ngehadepin semua rangkaian tes LIPI itu. Nggak terobsesi buat keterima ataupun masuk kesana. Tapi sekali lagi, saya akan tetap menjalani apa-apa yang sudah saya mulai. Meski dengan  cara saya yang agaknya selengekan.

But well, alhamdulillah tesnya lancar-lancar aja. TKD (Tes kemampuan Dasar) terdiri dari 100 soal yang pembahasannya terbagi menjadi 3 yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU ( Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Dari soal yang saya dapat, TWK berisi tentang soal seputar UUD 45 dan pasal2nya; bentuk negara Indonesia ini demokrasi apa; makna Pancasila sebagai falsafah, ideologi, dan jati luhur; tokoh2 penting dalam sejarah nasional; durasi politik apartheid, beberapa hal terkait TNI; masalah hutang lugri pd masa orde baru, dan tentang pendidikan politik; juga PPKI dan BPUPKI. Pada tes LIPI tgl 13 Oktober kemarin, saya dapat skor 110 untuk TWK.

Untuk soal TIU, saya ngerasa parah. Gimana enggak, belajar aja kagak. 7 tahun saya udah putus hubungan sama matematika. Jadi, ketika ada soal tentang kubus pun, saya kebingungan ngejawab. Apalagi tentang bunga utang. Idih, ngapain juga saya mesti ikut mikirin hal riba. Well, Di TIU yang saya dapat tentang deret (ini alhamdulillah saya bisa semua); luas permukaan kubus; segitiga; soal cerita tentang umur, persamaan x dan y (diganti n dan p); persentase bunga pinjaman; soal cerita dengan bebetapa nama dan urutan mereka; antonim dan sinonim; silogisme, kesimpulan, premis mayor dan minor, serta negasi. Asli parah. Saya ngerasa ngeblank banyak. Skor saya aja cuma 90.

Yang terakhir TKP. Ini model soal menjebak. Karena nggak ada jawaban benar atau salah. Hanya saja kamu benar, cukup benar, sangat benar, atau excellent. Saya nggak begitu peduli dengan soal ini. Saya cukup menjawab sesuai dengan idealisme saya. Dan beberapa rasionalisasi saja. Menurutku begitu sih. Habis, semua jawaban kan esensinya adalah sikap kita itu sendiri. Untuk soal ini, skor saya 156.

Jadi, total skor saya pada tes LIPI kemarin 356. Bukan jajaran tertinggi. Tapi, alhamdulillah masuk kategori lumayan baik sih ya kayaknya. Tapi entahlah, pengumuman lengkap belum keluar sih.

Well, tahap selanjutnya psikotes dan wawancara. Hm, saya bakal lolos untuk ngikutin rangkaian dua itu apa nggak, saya nggak tahu. Tapi secara kasaran, berdasarkan data2 yang sudah keluar dan estimasi kasaran, dari 2400 peserta ujian tulis, saya memperkirakan diri saya masuk ke 200 rangking teratas. Dan lantas info yang saya terima untuk tahap selanjutnya akan dipanggil sekitar 1200an orang. Jadi, hipotesis awal, saya bakalan lolos tahap selanjutnya kan yah? Ahahaha, pede tingkat jendral. Ahahahaha

Yah, whatever. Lolos apa nggak, semua kan bakalan jadi pengalaman yang berharga. Wish me for all the best lah ya ;)

Anw, selamat menyambut idul Adha 1434H. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)