Muhasabah 2017

Sebenarnya ada sangat banyak yang saya pelajari di tahun 2017. Generally, saya masih terus belajar tentang kehidupan. Kl di tahun2 sebelumnya saya berkutat dengan pelajaran berdamai dengan diri sendiri. Berkompromi dengan hati. Tapi tahun ini saya mungkin belajar selain berdamai dengan diri sendiri, juga berdamai dengan keadaan. Termasuk berdamai dengan orang lain.

Selain itu, saya masih terus mempelajari takdir dan bagaimana menyikapinya melalui nasehat2 Ibnul Qoyyim dalam buku Al fawaid : "Landasan setiap kebaikan adalah jika engkau tahu bahwa setiap yang Allah kehendaki pasti terjadi dan setiap yang tidak Allah kehendaki tidak akan terjadi."

Pelajaran selanjutnya: MERUBAH MINDSET itu PENTING. Ini kerasa banget. Padahalnya, selama berpuluh2 tahun saya struggling dengan permasalahan2 yang sebenarnya saya tau ilmunya. Tapi sering stuck pada titik2 tertentu. Seolah2 saya berasa dalam tempurung. Baru kerasa banget setelah menganalisa orang terdekat saya yang saya perhatikan nggak bisa keluar dari tempurungnya. Padahal, I admire her so much. She's one of my role model, actually. Waktu kami punya waktu untuk sharing, saya keluarkan semua unek2 saya ke dia. Baru disitu dia dan saya tersadar bahwa solusi untuk keluar dari tempurung kami adalah dengan merubah mindset. Setelan pemikiran (mind set) kita akan menentukan bagaimana kita akan menjalani kehidupan ini.

Well, rasanya pelajaran2 hidup saya complicated banget ya. Nah, baru desember ini jg sy belajar tentang orang yang pemikirannya terhadap kehidupan cukup simpel. Nggak rumit. Nggak njlimet. Pokoknya opposite banget sama saya. Ada pelajaran berharga yang saya dapat dari dia. Bahwa simpel itu kadang dibutuhkan. Untuk membuat hidup terasa lebih mudah. Jadi saya belajar untuk slow down sedikit dalam menjalani kehidupan.

Pelajaran yang lain juga: Berusaha untuk bersemangat memberi manfaat kepada orang lain. Ini pelajaran yang saya nggak sangka banget dapatnya dari orang yang enggak banget. Sekelompok anak2 muda yang awalnya saya pandang sebelah mata. Hanya karena mereka bergerak di bidang yang jauh dari jangkauan saya, bukan berarti saya nggak bisa ambil pelajaran dari mereka. Complete package itu yang saya pelajari dari mereka: Hard work, passion, patience, and good attitude. Perkara niat mereka apa, itu bukan urusan saya. Tapi semangat mereka untuk memberi manfaat kepada orang banyak dengan 4 modal tadi benar2 pelajaran berharga buat saya.

Sebenarnya masih banyak banget pelajaran yang saya ambil di tahun ini. Dan pelajaran tiap tahun saya adalah: Belajar untuk terus bersyukur. Belajar nggak greedy. Belajar nggak fragile lagi.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

Tulisan ini ada karena pertanyaan dari seorang teman yang juga hobi nulis: Siti Rahmadayanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya masuk kotak penampungan dulu ya...

Just make sure saya baca satu persatu :-)